almost 17 weeks, most grateful to allah swt. alhamdulillah :)
udah 1 bulan ga "visit" adek bayi.. karena apa? karena dokter disini mahal aja , buat ultrasound harus spend sekitar AUD 450. ditahan2in deh pas dijakarta aja biarpun udah kangen liat si baby. penasaran cewe/cowo, panjang nya udah berapa cm?, beratnya udah brp gram?. huaaa..
ngomong2 soal kehamilan.. semenjak ga kerja lagi gw jadi lebih banyak menimbang2.. yaa, terutama untuk biaya rumah sakit.. currently, gw periksa di RSIA KMC dengan dr. Ridwan based on recommendation Moga. Moga juga hasil rekomendasi kakaknya, uni Meta. pas awal awal kesana, deg deg an.. "ohh gini ya rasanya ngantri d obgyn" maklum, paling ga suka sama rumah sakit dan terbiasa cuma minum panadol kalo sakit. pertama kali ke dr.Ridwan, gw udah jatuh cinta sama ni dokter. sabar nya minta ampuun (secara ibu hamil yg satu ini bawel nanya ini itu ga berhenti).
- Ultrasound pertama pas usia kandungan 4 weeks 5 Days. belum keliatan dari perut. dr. ridwan nanya mau lewat transvaginal ga? gw dengan manis bilang "ga usah deh dok, bulan depan kesini lagi aja". dia senyum manis dan bilang kalo 4 minggu emang masih dibawah,jadi ga usah takut ya.. kalo udah 5 kali testpack dan positif biasanya akurat (ok. gw lebay 5 kali testpack).disini juga gw blg, kalo gw udah sempat ke dokter di melbourne dan dikasih Vitamin Asam Folat sama D3. dan Dr.Ridwan bilang ga masalah diminum aja. (woow, ga komersil nih dokter gw mikir dalam hati)
- Ultrasound kedua pas usia kandungan 7 weeks 3 Days, alhamdulillah janinnya udah keliatan dan udah berbentuk. cadangan makanan nya juga bagus. ya walaupun mual mual dan ga bisa makan banyak. si baby masih punya cadangan makanan :) Dr. Ridwan bilang smua nya bagus. ga ada yang perlu di khawatirin. vitamin masih gw minum dan masih mual. dia ga ngasih pengurang mual dong (oh how i love Dr. Ridwan) nih dokter ga membiasakan minum obat. dia cuma bilang "kamu mau kan ngerasain mual?" dengan polos gw jawab "mau dok, biar berasa hamilnya" :)
- Ultrasound ketiga pas usia kandungan 11 weeks 3 days. ke dokter nya plus deg deg an karena mau izin ke dr buat nyusul suami sebentar. deg deg an takut ga dibolehin. pas masuk pintu ruangan nya dia senyum seperti biasa dan langsung nanya "apa kabar, gimana ada keluhan?" gw cuma jawab "masih mual, dok" langsung lah gw cerita keinginan gw untuk menyusul suami dan bahaya enggak nya naik pesawat. langsung di ajak ultrasound liat baby nya. alhamdulillah, adek bayi sudah berbentuk, udah ada 2 tangan dan 2 kaki. tangannya bergerak2 da gw langsung berkaca2.. Dr. Ridwan sampe puk puk in bahu gw bilang "selamat ya". bener bener terharu, rasanya semua mual terbayar pas liat ada makhluk kecil di dalam perut gw dan bergerak. subhanallah, allah maha besar :) plasenta sudah terbentuk dengan sempurna dan tidak menutupi jalan lahir. dan Dr.Ridwan menyatakan oke buat terbang karena rahim sudah kuat dan gw udah boleh olahraga ringan. (emang gw gendut ya dok?)
pas kontrol ketiga, gw iseng minta estimasi biaya melahirkan di KMC. ya ampun, mahal aja.
Normal
VIP : Rp 19.000.000
VVIP : Rp 24.000.000
Caesar
VIP : Rp 39.000.000
VVIP : Rp 45.000.000
dengan segera gw browsing, Dr.Ridwan praktek dimana aja. ternyata cuma di KMC. ahh,makin sedih. dok, pindah aja dong ke RSPI kek. iya kalo gw bisa lahiran normal. kalo tiba tiba harus caesar :( sedih nya. gw langsung curhat sama suami. suami dengan santai nya bilang gapapa asal dokter nya bagus. huaaa, biarpun suami udah setuju tetep aja sebagai cewek dan ga kerja lagiii (menurut gw sih sayang ya)
nyari informasi sana sini dokter yang bagus di RSPI (bedanya 10 jutaan dengan KMC, lumayan). ada sih dokter yang biasa dipake temen gw. tapi makin kesini ntah kenapa makin ga bisa pindah kelain hati. :( ya sudahlah, pembelaan nya anak pertama gapapa mahal :) .
tapi kita masih berupaya keras supaya bisa lahiran di melbourne. pertama, karena gratis. kedua, biar komplit 9 bulan dekat suami. ketiga, ga susah ngurus visa nya si baby.
visa gw tertahan karena medical check up mengharuskan gw untuk x-ray. hasil tanya sana sini, baca dan konsultasi dokter. semunya tidak menganjurkan karena ada risiko untuk si baby.
minggu lalu, dinner bareng temen si abang. ibu2 umur 60-an dan punya anak 3. dia blg pas anak pertama, dia sempat x-ray dan tidak apa apa. hasilnya memang, anak itu lahir sehat dan skrg udah kuliah. jago bacaan sholat dan quran. (haha, ga ada hubungan ya antara x-ray sama ini) tp hati kecil sebagai seorang calon ibu, masih belum yakin. diskusi lagi dengan abang dan akhirnya hari ini kita mau diskusi sama Dr. Patrick di monash. mudah mudah an ada jalan keluar yang baik.
yang jelas, sebagai calon ibu cuma pengen anaknya sehat, sempurna dan bisa lahir dengan selamat. :)






